Mengubah Nama Folder di Linux: Sebuah Cerita Pengguna yang Frustasi
Mengubah Nama Folder di Linux: Sebuah Cerita Pengguna yang Frustasi

Saya masih ingat pertama kali saya harus mengubah nama folder di Linux. Saya baru saja beralih dari Windows dan merasa tersesat di lautan perintah yang membingungkan. Saya mencoba segala macam cara, tetapi tidak ada yang berhasil. Saya mulai berpikir bahwa saya tidak akan pernah bisa melakukannya.

Untungnya, setelah beberapa jam mencari dan mencoba, saya akhirnya menemukan solusinya. Dan sekarang, saya ingin berbagi pengalaman saya dengan Anda, sehingga Anda tidak harus melalui frustrasi yang sama.

Dua Cara Jitu Mengubah Nama Folder di Linux

Ada dua cara utama untuk mengubah nama folder di Linux:

1. Menggunakan Perintah mv

Perintah mv adalah alat yang ampuh untuk memindahkan dan mengganti nama file dan folder di Linux. Berikut cara menggunakannya untuk mengubah nama folder:

mv nama-folder-lama nama-folder-baru

Misalnya, untuk mengubah nama folder “Dokumen” menjadi “My Documents”, Anda dapat menggunakan perintah berikut:

mv Dokumen My\ Documents

2. Menggunakan Perintah rename

Perintah rename menawarkan lebih banyak fleksibilitas saat mengubah nama folder. Anda dapat menggunakannya untuk mengubah nama beberapa folder sekaligus, mengganti pola teks dalam nama folder, dan banyak lagi. Berikut cara menggunakannya untuk mengubah nama folder:

rename 's/nama-folder-lama/nama-folder-baru/g' *

Misalnya, untuk mengubah nama semua folder yang dimulai dengan “Dokumen” menjadi “My Documents”, Anda dapat menggunakan perintah berikut:

rename 's/Dokumen/My\ Documents/g' *

Tips Tambahan:

  • Pastikan Anda memiliki izin yang diperlukan untuk mengubah nama folder. Anda dapat memeriksa izin dengan menggunakan perintah ls -l.
  • Jika Anda tidak yakin nama folder apa yang ingin Anda ubah, Anda dapat menggunakan perintah find untuk mencarinya.
  • Berhati-hatilah saat menggunakan perintah rename. Pastikan Anda memahami pola teks yang Anda gunakan agar tidak mengubah nama folder yang salah.

Mengubah nama folder di Linux mungkin tampak rumit pada awalnya, tetapi sebenarnya tidak sesulit itu. Dengan mengikuti petunjuk di atas, Anda dapat mengubah nama folder dengan mudah dan cepat

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share via
Copy link